Tidak Lolos Tes Kesehahatan, Capres-Cawapres Harus Diganti


Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, Kamis 22 Mei 2014. Besok, giliran pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Hadar Nafis Gumay mengatakan jika ada capres maupun cawapres yang tidak lolos dalam pemeriksan kesehatan harus diganti.

"Kalau tidak lolos tes kesehatan, berarti harus mengajukan calon pengganti dalam waktu tiga hari," katanya di RSPAD, Kamis 22 Mei 214

Hadar mengatakan, jika sudah memiliki pengganti, maka harus menunggu sekian hari untuk kembali diperiksa. Calon pengganti harus memenuhi syarat seperti kelengkapan dokumen, sebelum akhirnya dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah secara terpisah menambahkan kondisi kesehatan menentukan kelolosan bakal calon presiden maupun wakil presiden. Tahapan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto menurutnya amat vital.

"Kesehatan syarat utama. Yang menentukan sehat atau tidak adalah dokter," kata Ferry di kantornya, Jakarta, Kamis 22 Mei 2014.

Ferry menuturkan setelah melakukan pemeriksaan kesehatan setiap pasangan, tim dokter akan segera menggelar pleno. Kemudian, pada 24 Mei 2014 hasil resminya diserahkan ke KPU.

"Sekarang pemeriksaan, mereka sore langsung pleno. Bisa jadi hasilnya besok. Mungkin sekitar tanggal 24," jelasnya.

Ferry melanjutkan pada 24 hingga 26 Mei adalah masa perbaikan kelengkapan persyaratan bakal capres dan cawapres. Lalu, 26-29 Mei 2014 adalah waktu verifikasi hasil perbaikan kelengkapan persyaratan.

"Tanggal 31 Mei sudah kami tetapkan nama-nama pasangan calon presiden dan wakil presiden," katanya. (umi)

Sumber: Vivanews
thumbnail
Judul: Tidak Lolos Tes Kesehahatan, Capres-Cawapres Harus Diganti
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz